Bantu Pemasaran Produk, Fitur Instagram Ini Dapat Membantu Para Pengusaha Online!

Bantu Pemasaran Produk, Fitur Instagram Ini Dapat Membantu Para Pengusaha Online!

Posted By: Admin, 2021-12-29


  Share:


Instagram merupakan salah satu diantara banyak sosial media yang sangat populer di dunia. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif per bulannya ditambah dengan 500 juta story setiap harinya. Memiliki lebih dari 85 juta audiens yang sangat potensial di Indonesia yang bisa dijangkau dengan menggunakan fitur iklan yang ada di Instagram.

Hampir 90?ri pengguna Instagram mengikuti salah satu akun bisnis. Instagram kini memiliki beragam fitur untuk membantu Anda dalam melakukan kegiatan bisnis khususnya dalam mencari calon konsumen secara praktis dan efisien.

Anda bisa dengan mudah melakukan posting produk Anda dan secara otomatis terintegrasi kepada calon konsumen yang memiliki potensi besar untuk membeli produk Anda. Hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kegiatan dan strategi pemasaran pada bisnis Anda.

Berikut merupakan berbagai fitur instagram yang dapat Anda gunakan dalam memasarkan produk:

1. Instagram Story

Instastory menjadi salah satu fitur yang paling sering digunakan dalam memasarkan produk. Anda dapat membuat konten story dengan semenarik mungkin sehingga pelanggan antusias dengan produk yang Anda pasarkan.

Anda juga dapat menggunakan fitur stiker yang dapat membuat tampilan Instastory menjadi lebih menarik. Instastory juga juga dapat Anda gunakan untuk membangun percakapan kepada pelanggan dengan memanfaatkan fitur interaktif seperti Polling dan Ask Me Questions.

Secara mudahnyanya, Anda bisa mengunggah pamflet iklan digital atau katalog produk yang Anda tawarkan pada fitur Instastory ini dan memilih fitur stiker seperti untuk mencari tahu minat konsumen terhadap produk Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan hanya cukup menekan area foto profil akun bisnis Anda dan kemudian pilihlah konten yang ingin Anda unggah di Insta Story.

2. Highlights

Karena keterbatasan menampilkan Instastory pada halaman Instagram, Anda dapat menggunakan fitur Highlights untuk menyimpan berbagai macam postingan yang sudah Anda post pada Instastory. Highlight secara permanen dapat tetap muncul pada halaman profil Instagram Anda. 

Anda dapat mengkategorikan postingan berdasarkan dengan topik yang berbeda-beda seperti apa saja produk yang baru dirilis, seluruh pertanyaan dan jawaban seputar produk Anda, testimonial pelanggan, dll.

3. Instagram Live

Fitur lainya yang dapat Anda gunakan yaitu Instagram Live. Pada Instagram Live, Anda dapat melakukan sesi tanya jawab kepada calon pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan interaksi Anda dengan calon pelanggan. Pada Instagram Live, Anda juga dapat me-review produk Anda secara detail hingga memaparkan kelebihan dari produk yang sedang Anda pasarkan.

4. Instagram Insights

Instagram Insight merupakan salah satu fitur yang ada Instagram yang menyajikan beragam informasi terkait konten yang Anda posting. Anda dapat mengetahui jumlah interaksi pada setiap konten. Selain itu, Anda juga dapat tahu data diri audiens Anda. Fitur ini dapat sangat bermanfaat khususnya bagi para pelaku usaha dalam menentukan target pelanggan yang akan Anda jangkau melalui pemasaran di Instagram.

5. Hashtag

Fitur ini tidak hanya populer di Instagram, tetapi juga hampir setiap media sosial memiliki fitur ini. Anda perlu tahu bahwa fitur ini memiliki banyak kegunaan dalam hal pemasaran yaitu, meningkatkan jumlah audiens dan pengikut, memudahkan pencarian konten, dan memudahkan akses promosi produk.

Fitur ini dapat dengan cepat menjangkau audiens dan memudahkan Anda dalam melakukan proses pemasaran. Namun masih banyak orang yang belum memanfaatkan berbagai fungsi dari fitur hashtag ini, padahal akan sangat membantu pelaku usaha dalam meningkatkan usahanya.

6. Instagram Shopping

Instagram Shopping merupakan fitur yang terdapat pada halaman Explore. Anda dapat menemukan berbagai macam produk dari berbagai macam brand. Produk yang muncul biasanya berdasarkan brand yang Anda ikuti maupun produk yang Anda sukai. Terdapat fitur Shops Directory yang membantu pengguna dalam menemukan brand-brand yang direkomendasikan oleh Instagram berdasarkan history pencarian.

7. DM Auto Reply

DM Auto Reply berfungsi untuk memudahkan interaksi penjual dengan calon pembeli dengan sarana fitur chat pada Instagram. DM Auto Reply menggunakan teknologi bot untuk mensimulasikan balasan pesan otomatis sehingga mengefisienkan calon pembeli untuk bertanya atau konsultasi seputar produk yang Anda jual.

8. Fitur Shop

Fitur shop memungkinkan akun pengguna menampilkan produk yang dijualnya seperti produk yang diletakkan pada etalase toko. Saat calon pembeli mengunjungi profil Anda, seolah-olah mereka bisa langsung melihat-lihat produk yang dijual dan membelinya layaknya mengunjungi toko sesungguhnya.

9. Shopping Ads

Shopping Ads memungkinkan Anda untuk menjangkau konsumen lebih luas. Melalui fitur ini, Anda bisa meningkatkan jumlah orang untuk melihat postingan produk dan langsung terintegrasi dengan website toko yang Anda miliki.

10. Reels

Instagram Reels merupakan fitur terbaru yang baru saja diluncurkan oleh Instagram pada bulan Juni lalu. Fitur ini dapat dijadikan peluang bagi pelaku usaha sebagai wadah promosi. Reels dapat mendorong engagement kepada calon pembeli. Anda dapat membuat konten yang menarik perhatian sehingga calon pembeli yang melihatnya akan tertarik lalu memutuskan untuk membeli produk Anda.

Masih banyak orang yang kurang mengetahui fitur-fitur Instagram yang dapat membantu meningkatkan aktivitas bisnis. Melalui fitur-fitur tersebut Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli dengan lebih efektif dan lebih efisien. 

Itulah yang dapat #SakuMin bagikan tentang fitur instagram yang dapat membantu para pengusaha online dalam memasarkan produk. Jika #SobatSakumas salah satu pelaku usaha, dapat juga memulai memasarkan produknya melalui fitur instagram di atas.

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/WUmb_eBrpjs