Apa Saja Modal Usaha Selain Uang? Penting Diketahui untuk Mulai Bisnis!

Apa Saja Modal Usaha Selain Uang? Penting Diketahui untuk Mulai Bisnis!

Posted By: Admin, 2022-09-08


  Share:


Masih banyak yang beranggapan jika modal utama untuk memulai sebuah bisnis adalah uang besar. Kenyataannya banyak pebisnis sukses yang mulai membangun kerajaan bisnisnya tidak dengan uang yang besar. Steve Jobs dan Michael Dell di antaranya.

Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang Lewat Internet

Saat memulai bisnisnya, Jobs banyak tidur di lantai kamar milik temannya. Ia juga rajin mengumpulkan botol bekas untuk dijual. Sementara Dell, pendiri raksasa komputer dengan merk Dell lebih dulu bekerja sebagai pencuci piring.

Karena selain uang, ada hal lain yang nilainya bahkan bisa lebih besar dan cukup kuat untuk mendorong seseorang sukses menjalankan bisnisnya. Modal tersebut kadang tak didapatkan dari luar namun lahir dari dalam diri pengusaha tersebut.

1. Mimpi Besar, Ide Brilian, dan Take Action

Anda pasti paham dengan kekuatan sebuah mimpi. Rata-rata sebuah brand besar lahir dari mimpi yang besar pula. Facebook merupakan buah keinginan Mark Zuckerberg untuk menciptakan komunikasi terintegrasi antar mahasiswa di kampusnya. Dari mimpi tersebut ia kemudian menemukan ide brilian untuk menciptakan Facebook.

Namun memiliki mimpi dan ide brilian saja tidaklah cukup. Sebuah ide bahkan tidak memiliki harga sepeser pun selama itu tidak diwujudkan dalam bentuk nyata. Karena itu Anda membutuhkan action. Segera! Karena itu mimpi, ide, dan take action adalah modal utama meraih kesuksesan bisnis.

2. Networking yang Luas

Anda sudah memiliki ide brilian dan sedang berjuang untuk mewujudkannya. Jangan lupa untuk membangun komunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda terutama mereka yang juga sedang membangun bisnisnya. Sering bertemu dan berada dalam lingkungan pebisnis akan terus memacu semangat Anda untuk menjalankan bisnis. Di samping itu tentunya bisa memperoleh kesempatan untuk mengenalkan bisnis Anda dan mendapatkan konsumen.

Baca Juga: Jenis-jenis Usaha Sampingan yang Cocok Bagi Karyawan dan Risiko yang Akan Dihadapi

3. Kerja Keras

Richard Branson, pendiri Virgin Group pernah berujar jika uang bukanlah modal utama untuk membangun bisnis. Karena pada kenyataannya, uang yang melimpah malah bisa menghancurkan bisnis Anda.

Menurut Branson, yang seringkali dilupakan pebisnis pemula adalah, bahwa menjalankan bisnis membutuhkan ketekunan dan kerja keras tanpa henti. Kehancuran sebuah bisnis, kata Branson, lebih banyak diakibatkan oleh kemalasan si pebisnis itu sendiri. Kerja keras ini juga termasuk dalam menghindari keputus asaan.

4. Kecintaan dan Passion

Ketika Leonardo da Vinci melukis Mona Lisa, ia mengaku mencurahkan seluruh gairahnya ke dalam setiap goresan kuas ke kanvas lukis. Hasilnya, lukisan Mona Lisa menjadi salah satu mahakarya dunia. Sesuatu yang dikerjakan dengan rasa cinta dan gairah luar biasa biasanya memberikan hasil yang besar. Begitu pula halnya dalam bisnis.

Baca Juga: Cepat Balik Modal, 5 Ide Ini Bisa Anda Coba Untuk Memulai Cara Bisnis Online dari Nol

Anda harus mencintai bisnis itu sendiri dan mengerjakannya dengan passion yang tinggi. Hal ini bisa dimulai dengan memilih bisnis yang memang Anda gemari. Jika Anda hobi memasak atau berwisata kuliner, berbisnis di bidang kuliner mungkin bisa menjadi jalan Anda meraih kesuksesan. Intinya, memiliki bisnis ibarat memiliki seorang anak.

Semakin Anda menjaga dan mendidiknya dengan rasa cinta maka ia akan semakin tumbuh dan berkembang dengan baik. Modal memulai bisnis ternyata bukan hanya uang. Saat modal usaha terbatas, mulailah berpikir ke dalam diri sendiri apa saja modal usaha selain uang yang bisa Anda lakukan.

Sumber: https://unsplash.com/photos/744oGeqpxPQ