5 Tips Manajemen Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Kacau

5 Tips Manajemen Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Kacau

Posted By: Admin, 2022-03-08


  Share:


Bagi pasangan muda yang baru saja melangsungkan pernikahan, mungkin akan menemukan kesulitan dalam manajemen keuangan rumah tangga. Ini bisa dimaklumi karena hidup bersama orang lain memerlukan proses adaptasi yang tidak sebentar.

Pengertian manajemen keuangan rumah tangga seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu atau keluarga melalui orang lain untuk mencapai tujuan yang efesien, efektif dan bermanfaat, sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera dan keluarga Sakinah.

Dalam artikel ini, #SobatSakumas akan mengetahui tips manajemen keuangan rumah tangga dengan gaji total dan pasangan. Selain itu, #SobatSakumas juga akan mendapatkan simulasi manajemen keuangan dalam rumah tangga.

Mau Tahu Tips Manajemen Keuangan Rumah Tangga? Silakan Baca Uraian Berikut Ini.

Membuat Perhitungan Pengeluaran Dan Pemasukan

Misalnya, Anda memiliki penghasilan setiap bulan 4 Juta Rupiah. Di sisi lain, pasangan Anda memiliki penghasilan sebanyak 5 Juta Rupiah. Jika ditotal, penghasilan keluarga Anda adalah 9 Juta Rupiah. 

Untuk mengetahui berapa uang yang Anda perlukan untuk masing-masing kebutuhan, Anda perlu menghitung rasio pengeluaran. Berikut ini rasio keuangan yang disarankan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga dalam bentuk contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan.

1. Dana Sosial 10%

Anda perlu menganggarkan 10?ri pendapatan untuk dana sosial. Yang termasuk dana sosial adalah dana untuk bersedekah, uang arisan, iuran RT, dan kebutuhan sosial lainnya.

Jika penghasilan keluarga 9 Juta, maka 900 Ribu dari penghasilan itu harus dialokasikan untuk kebutuhan sosial.

2. Dana Darurat Dan Investasi 15%

Adanya asuransi yang Anda ikuti tidak lantas membuat Anda tidak menganggarkan uang untuk dana darurat. Sisihkan dana 15?ri penghasilan Anda untuk dana darurat dan investasi. Itu berarti, Anda harus menganggarkan uang sebanyak 1.350.000 Rupiah untuk dana darurat dan Investasi.

3. Cicilan 30%

Selanjutnya, anggarkan 30?ri penghasilan Anda untuk membayar cicilan. Ingat, cicilan yang Anda miliki tidak boleh lebih dari 30?ri penghasilan. Ini adalah tolok ukur keuangan yang sehat.

Jika pendapatan keluarga Anda adalah 9 Juta Rupiah, maka Anda memiliki uang sebesar 2,7 Juta Rupiah untuk mencicil. Uang cicilan ini lebih baik digunakan untuk mencicil properti yang akan dimiliki seperti rumah atau kendaraan. Jangan gunakan uang cicilan untuk kebutuhan non primer.

4. Biaya Hidup 30%

Alokasikan dana sebesar 30?ri penghasilan Anda untuk biaya hidup sehari-hari. Gunakan uang sebesar 2,7 Juta Rupiah untuk makan, membayar tagihan listrik, air, dan juga belanja bulanan.

Tips Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Anda telah membuat pos-pos pengeluaran sesuai dengan penghasilan dan kebutuhan. Kini Anda bisa mengikuti beberapa tips mengelola keuangan rumah tangga di bawah ini.

Transparasi Keuangan Antarpasangan

Salah satu hal paling penting dalam mengelola keuangan rumah tangga adalah adanya transparasi keuangan. Anda dan pasangan harus sama-sama terbuka mengenai gaji bulanan yang didapat, tabungan yang dimiliki, juga hutang yang mungkin masih menjadi beban.

Dengan adanya transparasi keuangan, Anda dan pasangan bisa dengan lebih cermat dalam melakukan perencanaan dan mengatur keuangan keluarga.

Lebih Memilih Makan di Rumah

Ini adalah cara untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Daripada jajan atau makan di luar, biasakan untuk memasak di rumah. Ini bisa memangkas kebutuhan harian.

Selain bisa berhemat, Anda juga bisa memastikan kebersihan makanan yang Anda santap. Berbagilah tugas dengan pasangan di rumah. Anda bisa membuat jadwal memasak berganti-gantian. 

Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Kurangilah penggunaan kartu kredit. Menggunakan kartu kredit memang memudahkan Anda dalam melakukan transaksi. Akan tetapi, bila Anda tidak bisa mengontrol pemakaian Anda, kartu kredit justru bisa menimbulkan masalah keuangan bagi keluarga.

Itulah beberapa tips yang bisa Sakunas sampaikan untuk manajemen keuangan rumah tangga. Karena kini #SahabatSakumas sudah hidup berdua, Anda dan pasangan harus saling bekerja sama untuk menciptakan kondisi finansial rumah tangga yang sehat. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Ilustrasi : https://www.freepik.com/free-photo/serious-asian-husband-checking-analyzing-statement-utilities-bills-sitting-together-home_14725588.htm#query=financial family&position=5&from_view=search