5 Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis!

5 Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis!

Posted By: Admin, 2022-03-11


  Share:


Anda mungkin familiar dengan influencer marketing yang dilakukan oleh brands di beberapa platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Tapi apa, sih, yang dimaksud dengan influencer marketing?

Influencer marketing adalah salah satu bentuk social media marketing di mana brands bekerjasama dengan individu atau organisasi yang merupakan influencers untuk mempromosikan sebuah bisnis. Promosi yang dilakukan bisa merupakan endorsement atau product placement pada konten yang dibuat oleh para influencers.

Influencer umumnya memiliki pengaruh terhadap followers-nya baik secara sosial maupun opini dalam bidang keahliannya, sehingga dapat menggerakkan komunitasnya untuk mengikuti mereka. Influencers juga terbagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan jumlah followers-nya, seperti nano, mikro, atau makro.

Memahami hal ini, influencers tentunya dapat membantu brands untuk meningkatkan brand awareness hingga penjualan melalui kerjasama. Sakumas telah merangkum beberapa manfaat dari influencer marketing untuk bisnismu!

Memperkenalkan produk ke target market yang sesuai

Jika Anda baru membentuk brand-mu atau akan meluncurkan produk terbaru, Anda bisa bekerjasama dengan influencers untuk memperkenalkan brand atau produkmu. Namun Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang influencers yang akan Anda ajak untuk bekerjasama. Kira-kira siapa influencer yang sesuai dengan produkmu?

Misalnya, jika Anda ingin menawarkan produk lipstik terbaru dari brand kosmetik-mu, maka Anda perlu bekerjasama dengan beauty influencer. Tidak hanya itu, Anda juga perlu melakukan riset terhadap audiens influencer tersebut. Jika Anda ingin memasarkan produkmu kepada anak muda generasi Z, maka Anda perlu memastikan audiens si influencer sama dengan target tersebut.

Dengan menyesuaikan kebutuhan tersebut, Anda akan bisa menarget pasar yang tepat dan influencer marketing yang dilakukan lebih efektif.

Menjangkau pasar yang lebih luas

Banyaknya followers yang dimiliki oleh influencer bisa menjadi pasar yang bisa di-tap in oleh brands, terlebih untuk brands yang baru dirintis dan belum memiliki online presence. Dengan influencer marketing, brands bisa masuk dan menjangkau pelanggan potensial yang ada di antara audiens si influencer. Namun perlu diperhatikan kembali apakah target pasarmu sesuai dengan audiens influencer tersebut.

Menumbuhkan kepercayaan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan

Influencer marketing menjadi salah satu cara bagi brands untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan potensial terhadap produk. Influencer bisa memberikan review dari produk atau jasa yang Anda tawarkan, di mana pelanggan potensial bisa menilai sendiri kualitas produkmu dari review tersebut.

Audiens atau followers dari influencer juga cenderung mengikuti dan ingin memiliki barang yang digunakan oleh role model-nya, sehingga mereka jadi lebih terdorong untuk menggunakan produk atau jasamu.

Meningkatkan penjualan

Dari influencer marketing, hasil yang ingin didapatkan oleh brands tentunya adalah meningkatkan penjualan. Jika brands sukses memperkenalkan produk, menyasar target pasar, dan  menumbuhkan kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan melalui influencer marketing, maka peluang untuk meningkatkan penjualan juga tinggi.

Memberikan peluang balik modal

Menjalankan influencer marketing tentunya tidaklah gratis dan memerlukan budget. Sesuai dengan budgetmu, Anda bisa memilih untuk bekerjasama dengan influencer nano, mikro, ataupun makro.

Influencer marketing menjadi sebuah investasi tersendiri bagi brands dan berpeluang untuk balik modal dari budget yang sebelumnya telah dihabiskan. Influencer marketing yang berhasil akan memberikan keuntungan bagi brands, juga meningkatkan performa bisnis.

Itu dia beberapa manfaat dari influencer marketing. Sekarang waktunya Anda untuk merencanakan strategi influencer marketing Anda!

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/ZKJQCWsKmPs