5 Hambatan yang Biasa Dialami Pebisnis Pemula

5 Hambatan yang Biasa Dialami Pebisnis Pemula

Posted By: Admin, 2022-09-13


  Share:


Bisnis yang sukses tidak akan terlepas dari hambatan-hambatan yang berhasil dilalui. Oleh karena itu, penting bagi pebisnis pemula untuk mengetahui apa saja hambatan yang mungkin akan mereka hadapi.

Baca Juga: Cepat Balik Modal, 5 Ide Ini Bisa Anda Coba Untuk Memulai Cara Bisnis Online dari Nol

Pilihan pekerjaan di era sekarang ini semakin variatif. Ada banyak sekali jenis pekerjaan baru yang mulai bermunculan mengikuti perkembangan zaman dan diawali dengan membaca peluang. Namun, dunia bisnis tidak pernah mati. Jatuh bangun merupakan proses yang akrab terjadi di dunia bisnis.

Berikut 7 hambatan yang kerap kali dihadapi seorang pebisnis pemula dalam menjalankan bisnis.

Kurangnya dukungan

Setiap orang membutuhkan dukungan orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Hal tersebut juga terjadi di dalam dunia bisnis. Hambatan atau tantangan pertama yang harus dilalui seorang pebisnis pemula dalam menjalankan bisnis adalah kurangnya dukungan.

Dukungan emosional sangat dibutuhkan seorang pebisnis pemula untuk menghalau rasa frustasi. Cobalah untuk mencari mentor atau bergabunglah dengan grup sesama pebisnis untuk mendapatkan dukungan dan bantuan selama merintis bisnis. Memiliki pasangan yang suportif juga sangat membantu dalam hal ini.

Keinginan melakukan semuanya dengan baik

Pebisnis pemula cenderung menginginkan semua rencananya berjalan sempurna. Hal ini justru sering menimbulkan perasaan tertekan saat bisnisnya tidak berjalan sesuai rencana. Di balik bisnis yang baru berdiri tidak jarang ada sosok pebisnis yang melakukan semuanya sendiri. Ada baiknya untuk tidak terlalu menekan diri sendiri dengan target-target yang mencekik.

Tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Selain meringankan pekerjaan, meminta bantuan menandakan Anda sudah mengetahui dimana keterbatasan Anda.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Bisnis Susah Maju, Pebisnis Harus Tahu Ini

Mendapatkan dan mempertahankan model

Hambatan selanjutnya yang harus dilalui pebisnis pemula dalam menjalankan bisnis adalah mencari model atau brand ambassador. Posisi seorang model dalam dunia bisnis sangat penting.

Semakin menjual model yang dipakai, semakin tinggi permintaan konsumen terhadap produk bisnis Anda. Namun model yang ternama selalu memiliki tarif yang cukup tinggi. Anda dapat menghemat pengeluaran dengan meminta pertolongan saudara atau teman untuk mengatasi masalah ini.

Selain meminimalisir pengeluaran, akan lebih mudah untuk Anda mempertahankan model jika berangkat dari saudara atau teman. Hal lain yang dapat dilakukan adalah membuat konsep iklan yang menarik. Tidak semua iklan membutuhkan model, tetapi sebuah iklan selalu memiliki konsep. Konsep iklan yang menarik mampu menggiring pelanggan untuk menggunakan produk Anda. Anda harus memiliki ide-ide kreatif di saat pengeluaran bisnis Anda mulai membludak.

Menemukan pelanggan pertama

Sulit untuk membuat konsumen mempercayai produk yang baru Anda buat. Konsumen selalu mempertanyakan apakah produk Anda cukup enak, memuaskan, atau setidaknya menarik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Anda dapat mengatasi hambatan ini dengan memberikan sampel kepada calon konsumen bisnis Anda.

Bisa juga dengan memberikan promo di awal, seperti beli satu gratis satu. Diskon juga menjadi bagian yang sangat menarik untuk meraup konsumen. Selain itu, yang terpenting adalah berikan kesan pelayanan yang sangat memuaskan.

Ditolak investor

Hampir sama dengan membangun kepercayaan konsumen, membuat investor percaya terhadap bisnis Anda adalah sesuatu hal yang cukup sulit. Terlebih melihat bisnis yang baru saja Anda bangun. Mendengar penolakan demi penolakan tak jarang akan membuat Anda tertekan dan ingin menyerah.

Anda perlu mengetahui apa yang diinginkan calon investor Anda. Pilihlah investor-investor yang relevan dengan bisnis Anda. Penting untuk memetakan target calon investor beserta karakteristiknya.

Kesuksesan menggaet investor juga berangkat dari bagaimana cara Anda meyakinkan mereka. Anda membutuhkan sikap percaya diri atas apa yang akan Anda bangun agar dapat melalui hambatan bisnis ini.

Baca Juga: Mudah dan Gratis, Ini Tutorial Membuat Akun Facebook Bisnis

Itulah 5 hambatan yang sering dihadapi dalam menjalankan bisnis. Semoga kedepannya Anda jadi lebih paham, dan bisa berbisnis dengan baik!


Sumber: https://unsplash.com/photos/31l-8hY1mt4