4 Cara Mengetahui Kadar Emas

4 Cara Mengetahui Kadar Emas

Posted By: Admin SHG, 2020-07-03


  Share:


Mengenal Kualitas Perhiasan Emas Anda

Ketika membeli perhiasan emas, anda pasti akan ditanya akan memberi emas dengan kadar berapa. Tingkatan kadar ini menunjukkan kualitas dari perhiasan emas tersebut. banyak orang yang menyebut dengan kadar kemurnian sebagai karat emas. Karat merupakan satuan untuk mengukur kadar kemurnian emas. Kadar emas dibagi menjadi beberapa jenis. Ada emas 24 karat, 23 karat, 22 karat hingga 18 karat. Lalu bagaimana cara mengenal kualitas perhiasan emas yang mudah. Berikut ini beberapa caranya. 

Menguji Dengan Berat Jenis

Untuk mengetahui kualitas kadar perhiasan emas, anda bisa melakukan pengujian berat jenis. Setiap emas memiliki berat yang berbeda-beda. Cobalah untuk menimbang satu perhiasan emas terlebih dahulu. Hasil timbangan tersebut sebagai em berat kering. Kemudian letakkan segelas air ke timbangan, dan masukan emas yang diikat tali ke dalam air. Ini akan menjadi berat basah.  Hasil pembagian dari berat kering dengan berat basah, akan menghasilkan berat jenisnya. Biasanya emas asli memiliki berat jenis 19,3 gram/cm2. Kalau bukan itu berarti emas palsu. anda bisa melakukan pengujian ini pada emas 23 karat dan lainnya

Menguji Dengan Gold Tester

Gold tester merupakan alat yang digunakan untuk menguji kemurnian emas. Anda bisa menempelkan bagian ujung gold tester ke bagian emas. Nanti hasil dari emas 22 karat akan berbeda dengan emas 10 karat. Tapi sayangnya tidak semua orang memilikinya. Biasanya toko emas memiliki alat ini untuk menguji kemurnian atau kualitas perhiasan emas.

Menguji Dengan Menggoreskan Emas

Cara yang paling mudah dengan menggoreskan emas dengan kertas, batu atau keramik. Jika hasil goresannya menghasilkan goresan berwarna hitam, itu artinya emas palsu. untuk emas murni yang berkualitas tidak akan meninggalkan goresan sama sekali. 

Menguji Dengan Larutan Asam

Anda bisa menguji kualitas emas 21 karat dengan menggunakan larutan asam nitrat. Cobalah teteskan satu tetes asam nitrat ke atas emas. Dan kemudian lihatlah perubahannya. Jika emas berubah warna berarti emas tersebut palsu atau mengandung logam lain. bila tidak mengalami perubahan berarti emas tersebut asli. 

Dengan melakukan pengujian diatas, anda jadi bisa membedakan emas palsu dan emas asli. Apalagi sekarang banyak beredar emas palsu dengan harga sama dengan emas asli. Selain memperhatikan kualitasnya, anda juga harus memperhatikan kadar karatnya. Kadar karat ini merupakan jumlah campuran emas dan logam lainnya. yang memiliki 24 karat memiliki kandungan yang berbeda dengan emas 18 karat. Jadi pastikan anda membeli di toko yang terpercaya, supaya tidak tertipu.

Lalu bagaimana dengan kode-kode yang terdapat di perhiasan emas. Kode ini membuat kita lebih mudah mengetahui kadar dari emas tersebut. Misalnya untuk emas berkadar 22 karat memiliki kode 700-750. Jika tidak ada kodenya, anda bisa menanyakan langsung ke penjualnya. Kode-kode ini memang ada banyak sekali. Sehingga anda harus memperhatikan dengan teliti.

Untuk emas yang memiliki kode emas 375, berarti emas tersebut memiliki kadar 18 karat atau kemurnian emasnya dibawah 50%. Ada juga yang memiliki kode 916 untuk emas kadar 23 karat, kode 99 untuk emas kadar 24 karat dan lainnya. sebenarnya kode ini bisa digunakan untuk menunjukkan berapa persen kadar emas yang terdapat diperhiasan itu.

Ada lagi kode emas 420, yaitu digunakan untuk emas yang memiliki kadar 20 karat. Dengan memahami semua penjelasan diatas, anda bisa membeli emas dengan lebih aman dan mudah. Anda bisa membeli berbagai jenis perhiasan di sehatigold.