4 Cara Alternatif Berinvestasi Emas

4 Cara Alternatif Berinvestasi Emas

Posted By: Admin SHG, 2020-06-30


  Share:


Banyak yang memilih emas sebagai salah satu aset investasi yang tepat. Namun banyak yang masih bingung bagaimana cara memulai investasi emas. Secara prinsip memang investasi emas yaitu aktivitas jual beli emas, membeli emas dan menyimpannya dalam jangka waktu tertentu dan menjualnya kembali pada saat harganya naik untuk mendapatkan keuntungan. Apabila anda kesulitan, terdapat 4 cara bagaimana anda memulai investasi emas.

Emas koin atau batangan

Cara pertama yang sering dilakukan adalah dengan membeli emas batangan atau emas koin. Emas yang ditimbun dalam bentuk fisik ini nantinya bisa diwariskan ataupun dijual kembali. Hingga saat ini permintaan emas fisik juga masih tinggi di beberapa negara di dunia. Hanya saja cara ini memerlukan tempat penyimpanan dan juga asuransi untuk mengamankan emas yang disimpan misalnya dengan brankas atau safe deposit box.

Dana dari gadai emas

Apabila seseorang baru saja membeli emas namun tidak lama kemudian membutuhkan dana maka bisa menjual emas tersebut dengan produk gadai emas dikarenakan nilai emas yang belum terlalu lama masih kurang maksimal.

Keuntungan gadai emas yaitu keamanan yang terjamin dan juga emas tidak akan hilang yang artinya anda bisa menerima emas kembali setelah menebusnya. Kekurangannya adalah anda harus menanggung biaya cicilan pinjaman dan juga biaya penyimpanan.

Menerima return dengan trading emas

Cara ketiga yaitu dengan trading emas namun banyak yang menganggap bahwa trading emas bukan sebagai bentuk investasi dikarenakan sifatnya yang jangka pendek dan juga tidak memegang emas. Namun terdapat kelebihan dalam trading emas yaitu tidak harus memikirkan tempat penyimpanan emas dan bisa langsung mendapatkan keuntungan saat harga naik atau turun sehingga modal yang dibutuhkan terbilang kecil.

Bahkan terdapat layanan broker forex agar bisa melakukan trading emas secara real time. Hanya saja terdapat kelemahan yaitu termasuk investasi beresiko di mana diperlukan pengetahuan dan pemahaman agar bisa mendapatkan keuntungan dan bukan malah kerugian karena pemahaman yang kurang.

Nilai emas dari saham perusahaan emas

Pembelian sahan perusahaan operasional yang beruhubungan dengan penambangan dapat memberikan keuntungan yang besar namun risikonya juga cukup besar. Dibutuhkan wawasan yang luas untuk memahami tentang perusahaan dan tren emas untuk keperluan investasi. Membeli saham perusahaan emas menarik dikarenakan harga emas dan biaya operasional yang stabil namun risikonya yaitu nilai saham bisa saja turun.

Untuk harga emas hari ini yaitu harga beli Rp 832.237 dan harga jual Rp 791.837 namun anda bisa melihat harga emas langsung melalui Sehatigold. Sehatigold juga merupakan platform terpercaya untuk jual beli emas yang sudah terbukti aman serta kemudahan dari seluruh Indonesia. Emas yang dibeli di Sehatigold nantinya dapat ditukar menjadi emas batangan dan logam mulia.