3 Langkah Menemukan Tujuan Hidup

3 Langkah Menemukan Tujuan Hidup

Posted By: Admin, 2022-05-09


  Share:


Apa sih tujuan hidup itu?

Tujuan hidup adalah suatu panduan bagi diri kamu dalam menjalani kehidupan.  Apa yang kamu rencanakan untuk kehidupan pada hari ini, esok hari, sebulan ke depan, setahun ke depan, bahkan beberapa tahun mendatang. Hal ini berguna dalam kamu mengambil keputusan, menentukan sikap serta menemukan makna dibalik kehidupan. 

Tujuan hidup orang akan berbeda satu sama lain. Pengertian tujuan hidup menurut para ahli adalah proses menetapkan identitas diri yang dimiliki seseorang. Dengan kata lain, kita bisa mengatakan bahwa seseorang yang memiliki tujuan hidup adalah mereka yang memiliki identitas diri yang kuat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Mengapa penting punya tujuan hidup?

Kita akan lebih mampu memahami tentang segala sesuatu yang terjadi kepada kita. Selain itu, kita juga akan lebih mudah menerima semua hal baik dan buruk. Sebab fokus kita bukan lagi tentang hal-hal tersebut. Akan tetapi lebih fokus kepada makna hidup yang lebih besar.

Dengan begitu, kita akan mendapatkan perubahan yang positif di dalam hidup karena kita memiliki pemikiran untuk maju dan berkembang. Kita juga akan lebih mudah dalam mengabaikan hal-hal negatif yang bisa jadi akan menghalangi jalan hidup kita.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk segera menentukan tujuan hidup.

Memulai langkah kecil dalam 30 hari ke depan

Melakukan perubahan dalam skala yang besar merupakan hal yang terbilang sangat sulit untuk sebagian orang, jadi hindari hal tersebut. Kamu bisa memulai perubahan dari hal kecil terlebih dahulu yang bisa dilakukan. 

Mulailah tentukan tantangan apa yang akan dicapai untuk 30 hari ke depan. Ini bisa kamu kaitkan dengan berbagai tujuan jangka panjang di dalam kehidupanmu. Tantangan 30 hari akan memberikan momentum untuk memulai perjalanan dan mencari tahu apa yang ingin dilakukan dalam hidupmu.

Sebagai contoh misalnya kamu akan membeli rumah dalam 30 hari, namun rasanya sulit sekali jika hanya mengandalkan satu sumber pendapatan saja, yakni gaji bulanan. Nah, kamu bisa mencoba untuk membuka sumber pendapatan baru, misalnya dengan berinvestasi. Pilihlah produk investasi yang menyenangkan dan tidak terlalu memberatkan.

Teruslah mengasah skill dan perbanyak pengetahuan

Skill adalah aset berharga yang kelak akan menjadi sesuatu yang bisa menopang hidup. Apapun itu, jangan pernah sepelekan skill yang kamu miliki. Asah skill kamu menjadi lebih baik lagi. Kamu akan selalu memiliki gairah untuk menguasai sebuah bidang tertentu, terutama yang bisa mendukung kesuksesan di masa depan. Hal ini akan memungkinkan kamu menjadi seorang ahli di bidang yang kamu minati atau bahkan geluti sebagai pekerjaan utama.

Skill yang baru ini tidak harus selalu yang sedang trend atau bahkan disukai banyak orang. Semakin unik keahlian yang dimiliki, maka akan semakin banyak peluang untuk mendapatkan kesuksesan dari bidang tersebut, jadi jangan abaikan hal itu.

Selain itu, membaca buku bisa menjadi sarana untuk  lebih banyak tahu tentang segala hal, biasanya, orang merasa bahwa semakin ia belajar, maka semakin ia merasa kurang. Hal ini menunjukkan apabila belajar merupakan kegiatan yang dapat membuka pemikiran sekaligus menambah wawasan.

Kenali dan pahami dirimu dengan baik

Mencari tahu siapa dirimu, apa hasrat yang ingin kamu lakukan, mulailah dengan bertanya pada diri sendiri tentang apa yang kamu sukai dan hal apa yang bisa membuatmu bahagia.

Maka kamu akan lebih sadar untuk mengenal diri sendiri dan melakukan apa yang terbaik dalam kehidupan.  Miliki visi di dalam hidupmu untuk mengetahui tujuan hidup dan bagaimana kamu ingin menjalani kehidupan. 

Semoga bermanfaat dan selamat menemukan tujuan hidup masing-masing. Semangat!


Photo by Vlad Bagacian on Unsplash