10 Rekomendasi Buku tentang Bisnis yang Inspiratif untuk Pemula

10 Rekomendasi Buku tentang Bisnis yang Inspiratif untuk Pemula

Posted By: Admin, 2022-10-11


  Share:


Belajar tentang bisnis bisa dari mana saja, entah itu belajar dari seorang pelatih dalam sebuah kelas atau belajar dari pengalaman sendiri dan orang lain. Yang paling mudah dan bisa dilakukan kapan saja adalah belajar melalui buku. Berikut ini 10 rekomendasi buku tentang bisnis yang bisa Anda baca.

Baca Juga: Menjanjikan & Bermodal Kecil, 5 Ide Bisnis Sampingan Ini Cocok untuk Generasi Milenial

1. Buku tentang bisnis Magic of Thinking Big

Buku Magic of Thinking Big karya David Schwartz ini cocok dibaca untuk para pemula dalam dunia bisnis. Buku ini berisi ilmu dasar tentang suatu impian yang besar karena setiap pengusaha pastilah punya impian besar saat memulai bisnis. Ada juga pembahasan tentang cara agar tetap kuat menghadapi masalah dan tantangan dalam bisnis.

2. Buku tentang bisnis Marketing Digital: Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan

Buku tentang bisnis ini berisi tentang pentingnya marketing digital di era digital saat ini. Ada juga pembahasan tentang peran marketing digital beserta keuntungannya untuk para pengusaha. Marketing Digital: Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan ditulis Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, MBA., Ph.F., dan Dr. Yohan Wismantoro, SE.,MM.

3. Buku tentang bisnis The 4-Hour Workweek: Escape 9-5, Live Anywhere and Join The New Rich

Buku berjudul The 4-Hour Workweek: Escape 9-5, Live Anywhere and Join The New Rich adalah buku best seller di Amerika. Buku yang ditulis Timothy Ferris ini berisi tentang bagaimana membangun perusahaan startup yang sukses. Ia berkisah tentang penghasilannya yang awalnya USD 40.000 dengan kerja 80 jam tiap minggu bisa ia dapatkan hanya dengan kerja 4 jam saja dalam 1 bulan.

4. Buku tentang bisnis Platform Revolution

Satu lagi buku tentang startup adalah Platform Revolution. Buku ini membahas cara menciptakan bisnis yang berlandaskan digital agar bisa sukses. Contoh kisah suksesnya adalah Uber dan Airbnb yang berhasil mengubah bisnis tradisional hingga bermunculannya startup serupa yang tak bertahan lama. Buku ini bisa Anda baca sebagai referensi membangun startup.

5. Buku tentang bisnis Property Top Secret, Buku Pintar Bisnis & Investasi Properti di Era

Buku tentang bisnis terbitan tahun 2021 ini cocok untuk Anda yang tertarik dengan berbisnis properti. Buku ini membahas lengkap segala hal tentang bisnis properti, seperti macam-macam investasi properti dan untung ruginya. Meski menjadi bisnis yang menjanjikan, buku ini mengajak pembaca untuk tidak gegabah terjun ke dunia investasi properti.

Baca Juga: Sakumas Jadi Pedagang Fisik Emas Digital Resmi Pertama di Indonesia

6. Buku tentang bisnis Business Gesture: Menangkan Negosiasi Bisnis dengan Membaca Bahasa Tubuh

Berbisnis tak hanya tentang menciptakan produk dan memasarkannya, tetapi juga tentang bagaimana seorang pengusaha bersikap dan berhadapan dengan rekan bisnisnya. Dalam buku tentang bisnis ini, Henry Haryley menjelaskan pentingnya bahasa tubuh yang bisa menggambarkan apakah seorang bisa dipercaya atau tidak.

Pembaca diajak untuk memahami makna gerak tubuh seseorang dan cara dia berinteraksi. Buku ini cocok buat Anda yang ingin memperluas jaringan bisnis dengan kerja sama.

7. Buku tentang bisnis Start with Why: How Great Leaders Inspire Everyone to Take Action

Banyak faktor yang membuat sebuah bisnis bisa sukses. Salah satunya adalah jiwa kepemimpinan. Sebuah bisnis bisa sukses berkat karakter pimpinan yang baik dan positif. Buku Start with Why mengajak pembaca untuk memahami cara menjadi pemimpin yang baik. 

Menurutnya, kesamaan para pemimpin hebat di dunia nyata adalah bahwa mereka mengejar passion dengan pertanyaan “kenapa?”. Hal ini membuat mereka mencari jawaban yang masuk akal sehingga setiap orang bisa memahami alasannya.

8.  Buku tentang bisnis The Power of Broke

Butuh motivasi membangun bisnis dari nol? Anda wajib baca buku The Power of Broke yang ditulis Daymond John, pendiri perusahaan fashion hiphop Fubu dengan omzet seperempat miliar dolar per tahun. Awalnya ia menjual kaos yang dijahit sendiri hingga harus menggadaikan rumahnya demi membangun Fubu. Namun, modal yang terbatas tak menghalanginya untuk terus maju dan berada di puncak kesuksesan.

9. Buku tentang bisnis What Great Brands Do

Buku What Great Brands Do ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin menciptakan brand yang menonjol di tengah persaingan yang ketat. Buku ini ditulis Denise Lee Yohn yang berpengalaman bertahun-tahun sebagai konsultan merek ternama, seperti Frito-Lay dan Sony. Ia menjelaskan tujuh prinsip pencitraan brand dengan Apple sebagai contoh.

10. Buku tentang bisnis The Personal MBA, Master The Art of Business

Buku The Personal MBA, Master the Art of Business dapat dibaca oleh Anda yang baru memulai membangun bisnis. Buku ini membahas dunia bisnis secara lengkap, beserta penjelasan tentang marketing, strategi bernegosiasi dalam bisnis, dan cara menetapkan tujuan berbisnis.

Baca Juga: Ini Alasan Tepat untuk Bergabung ke Komunitas Pengusaha

Setelah mengetahui rekomendasi buku tentang bisnis, semoga Anda terinspirasi untuk terus meningkatkan wawasan, pengalaman, dan skill di bidang bisnis. Kunci utama tentang bisnis adalah konsisten dan tidak malu untuk memulai.

Sumber: https://unsplash.com/photos/J4kK8b9Fgj8