Tips Menentukan Lokasi Usaha, Ini Pertimbangannya!

Tips Menentukan Lokasi Usaha, Ini Pertimbangannya!

Posted By: Admin, 2022-05-11


  Share:


Lokasi usaha bisa mempengaruhi berapa besar biaya yang harus Anda siapkan, cara promosi agar usaha Anda diketahui calon pelanggan, bahkan hingga mempengaruhi berapa keuntungan usaha yang akhirnya bisa Anda dapatkan.

Maka itu, menentukan lokasi usaha bisa menjadi keputusan yang sangat strategis, apalagi bagi Anda yang baru mau memulai usaha. Ada banyak hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan.

Tidak apa-apa jika Anda butuh sedikit tambahan waktu, tapi jangan juga terlalu lama. Ingat, selain Anda, ada pelaku usaha lain yang siap berkompetisi meraih peluang.

Kesempatan dalam bisnis itu ibarat bus. Akan selalu ada bus lainnya yang ingin menyusul. Sama seperti lokasi usaha, walaupun usaha Anda sudah menarik namun salah memilih lokasi usaha. Maka pesaing lain kemungkinan akan mengejar dan menyusul.

Tips Memilih Lokasi Usaha

Nah, untuk membantu Anda, berikut ini merupakan hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih tempat usaha.

1.Lokasi

Tips memilih lokasi dalam menjalankan usaha, salah satunya adalah apakah lokasi tersebut strategis atau tidaknya. Pengertian tempat yang strategis adalah tempat dimana target pembeli atau pelanggan mudah melihat, menghapal, dan menemukan lokasi Anda.

Dengan banyaknya masyarakat yang berada dan berkunjung di sekitar lokasi tersebut, maka kesempatan untuk toko Anda dikunjungi juga terbuka lebar. Banyaknya orang yang datang ke toko Anda juga akan berpengaruh baik dalam segi promosi. Anda dapat memperkenalkan produk-produk kepada calon komsumen sehingga barang jualan Anda akan lebih cepat dikenal.

Namun perlu diperhatikan juga, produk atau jasa Anda sesuai dengan target konsumen di sekitar lokasi atau tidak? Misalnya Anda ingin menjual baju dan tas bermerek. Tapi lokasi yang Anda pilih adalah sentra buah dan sayur di pasar tradisional. Tentunya calon pembeli yang hadir pun akan kemungkinan kecil mampir ke tempat Anda. Karena lokasi yang Anda pilih adalah pasar tradisional.

2. Kondisi Bangunan Usaha

Sebelum memutuskan pilihan pada satu tempat usaha, ada baiknya memperhatikan kondisi bangunan. Apakah kondisi bangunan masih dalam keadaan layak ditempati untuk beberapa waktu ke depan atau tidak? Apabila ternyata layak, maka bangunan dan lokasi tersebut bisa dikatakan berpotensi bagus.

Kelayakan kondisi bangunan penting untuk dipertimbangkan. Sebaiknya Anda perlu memikirkan potensi ke depan atas bangunan tersebut. Tidak baik untuk memaksakan tempat apabila bangunannya kurang layak. Karena Anda berpotensi menghabiskan waktu untuk merenovasi.

Bukan hanya waktu yang habis, namun juga akan menambah biaya operasional dalam perbaikannya. Akan sangat rugi usaha dimulai dengan pemborosan atas pembenahan bangunan dan otomatis akan mengurangi modal sehingga akan berpotensi menghambat sebuah pertumbuhan usaha untuk berkembang dan maju.

3. Luas Bangunan

Luas bangunan dalam menjalankan usaha harus tepat dan sesuai berdasarkan bidang usaha yang akan Anda ditekuni. Misalnya, Anda ingin membuka butik, luas butik yang terlalu sempit berpotensi membuat calon konsumen Anda tidak nyaman. Apalagi konsumen biasanya akan mencoba dan melihat di kaca dari baju yang Anda punya.

Luas bangunan juga akan membantu Anda dalam penyusunan barang dan stok barang. Namun, terlalu luas juga tidak terlalu baik dan mengurangi daya tarik calon pembeli.

Oleh karena itu, penting sekali strategi dan rencana tata ruang dan letak yang tepat. Anda perlu mempunyai strategi dalam menghadapi kelebihan ataupun kekurangan yang ada sehingga bisa dimanfaatkan atau dialih fungsikan semaksimal mungkin.

4. Lahan Parkir

Apabaila usaha Anda menargetkan calon pembeli dengan jumlah banyak. Lahan parkir akan menjadi hal penting bagi konsumen. Misal, Anda ingin membuka usaha rumah makan. Apabila si pembeli yang dengan kondisi perut lapar harus mencari parkir dengan susah. Otomatis membuat calon pelanggan kapok untuk datang kembali.

Parkir merupakan salah satu pertimbangan kenyamanan untuk usaha Anda. Dengan adanya lahan parkir yang cukup memadai, maka akan memberikan usaha Anda poin plus.

Namun, bukan berarti Anda perlu mencari lokasi dengan lahan parkir seluas-luasnya. Justru itu akan membuat orang yang bukan calon konsumen atau pelanggan hanya akan menumpang parkir tempat Anda.

Jika sudah terlanjur mendapatkan lahan parkir terlalu luas. Jangan lupa memberikan tanda, bahwa tempat tersebut khusus untuk pelanggan atau calon pembeli Anda.

5. Lingkungan yang Aman dan Nyaman

Keamanan adalah faktor yang sangat penting dalam pemilihan lokasi. Bukan hanya untuk Anda sebagai pemilik usaha. Namun juga penting untuk pelanggan dan calon pembeli Anda.

Lakukan pengamatan dan survei terlebih dahulu dengan bertanya kepada masyarakat sekitar tersebut jika Anda sungguh ingin mengetahui. Anda juga bisa bertanya kepada petugas yang berwenang.

Lingkungan aman bukan hanya masuk dalam kategori kriminal, namun juga kondisi alam pada lingkungan tersebut. Anda perlu meninjau apakah lokasi tersebut rawan banjir misalnya.

Anda juga perlu memperhatikan titik kenyamanan yang mungkin terasa sepele seperti. Cahaya yang masuk, kebersihan di sekitar lokasi usaha, polusi suara atau udara seperti aroma di sekitar lokasi apakah akan mengganggu Anda atau konsumen atau tidak.

6. Harga Jual atau Sewa

Harga tentu menjadi pertimbangan yang sangat penting. Survei lokasi diperlukan untuk melihat apakah lokasi tersebut memang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Perlu diperhatikan luas wilayahnya, nilai dari bangunannya, ataupun akses terhadap jalannya,. Pastikan pertimbangan tersebut sesuai dengan pasaran. Jangan sampai overpriced

Jika Anda memutuskan lokasi tersebut dengan menyewa tempat, pahami harga pasaran dari tempat dibanding yang lainnya. Pertimbangkan besarnya harga sewa terhadap segala potensi keuntungan yang bisa diperoleh seperti fasilitas serta perjanjian perpanjangan sewa.

7. Akses Jalan

Bayangkan Anda sudah mempunyai tempat usaha yang bagus, mewah, bersih, fasilitas lengkap, parkir luas namun akses jalan untuk menuju ketempat usaha Anda sangat sulit dijangkau atau kondisi jalan yang sangat rusak sehingga sulit dilewati apalagi saat hujan melanda.

Jika itu terjadi, akan membuat pelanggan Anda akan berkurang daya tarik untuk berkunjung ke tempat usaha Anda. Akses jalan berperan penting dalam menunjang kelangsungan usaha Anda.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda menentukan lokasi usaha yang tepat, ya!

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/RfeqhK9BdVI